Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang Iklan di Tiktok Untuk Promosi Bisnis Online

TikTok adalah aplikasi yang fenomenal. Saat ini TikTok menjadi aplikasi yang sedang digandrungi remaja dan muda-mudi usia 24 tahun. Menurut lembaga SensorTower, TikTok menjadi aplikasi paling banyak diunduh ketujuh di seluruh dunia sepanjang kuartal pertama 2018. TikTok merupakan bagian dari Bytedance Inc, perusahaan internet raksasa China yang juga jadi induk usaha Musical.ly. Di negara asalnya, Tik Tok dikenal dengan nama Douyin. Di Indonesia, Tik Tok resmi diluncurkan pada September 2017.

Tik Tok mengklaim aplikasi yang berisi video-video 15 detik yang kreatif. Cara kerjanya sederhana, pengguna tinggal merekam video selama 15 detik dan menghiasinya dengan berbagai musik, filter, atau efek-efek seperti kelinci, gambar hati atau bola.



Jika Anda menggunakan TikTok dengan benar, Anda dapat memperkenalkan bisnis atau produk Anda kepada khalayak luas. Bahkan, menurut InfluencerMarketingHub, TikTok memiliki 500 juta pengguna di seluruh dunia, dan itu adalah aplikasi yang paling banyak diunduh untuk Apple pada Q1 2018.

Bagi sebagian orang, ini mungkin sepertinya hanya aplikasi video sinkronisasi bibir untuk remaja, tapi ternyata jauh lebih dari itu. Tentu saja, TikTok bukan platform yang tepat untuk semua jenis bisnis. Anda bisa memperkenalkan produk dan bisnis Anda jika target marketnya adalah remaja hingga orang usia 24 tahun. Lalu bagaimana tips dan trik promosi bisnis online lewat TikTok? Berikut ini 5 cara promosi bisnis online menggunakan TikTok.

Dengan lebih dari 500 juta pengguna aktif di seluruh dunia, TikTok membuka peluang baru yang megah bagi para pengiklan. TikTok tidak hanya unggul dari Snapchat atau Twitter dalam hal popularitas, tetapi juga memiliki tayangan iklan yang lebih baik dibandingkan platform lama itu. Aplikasi yang digunakan pengguna untuk berbagi video pendek berdurasi 15-60 detik ini benar-benar mengguncang dunia pemasaran dengan viralitas yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pada awal 2019, TikTok akhirnya meluncurkan layanan iklan versi beta, dan dengan segera membuat brand-brand ternama seperti Grubhub, Fenty Beauty, dan Nike mengambil tempat untuk menggunakan TikTok dalam mempromosikan produk dalam kampanye yang unik dan menarik secara visual. Dengan fitur penargetan iklan yang lebih canggih daripada platform lainnya, membuat iklan di TikTok menjadi semakin menyenangkan. Jika digunakan secara efektif, Anda akan dapat menemukan dan memasuki arena baru dengan kelompok pengguna yang menguntungkan.

Siapa target bisnis Anda secara demografis?
Jika audiens Anda adalah para usia, maka Anda sudah selangkah ke tempat yang tepat untuk berikaln di TikTok. 66% pengguna di TikTok dihuni oleh remaja berusia 16-24 tahun. Jadi jika audiens Anda adalah para orang tua, Anda bisa melewatkan kesempatan ini tanpa rasa bersalah.

Namun, ada hal menarik lainnya. Meski TikTok lebih populer di kalangan muda, setiap tren yang ada di sana juga secara terstruktur menghampiri kaum yang lebih tua sehingga pada akhirnya semua akan mendapatkan jatahnya. Hanya saja, waktunya cenderung lebih lama dibanding ketika Anda menargetkan audiens berusia muda pada awal menjalankan kampanye iklan.

Apakah Anda memiliki anggaran yang cukup untuk beriklan di TikTok?
Sementara brand besar seperti Grubhub, Fenty Beauty, dan Nike langsung beriklan tanpa ba-bi-bu, mungkin bisnis yang lebih kecil akan sedikit terkendala di anggaran dana untuk beriklan.

Karena iklan di platform ini masih terhitung baru dan jarang, harganya relatif tinggi. Untuk satu iklan premium rata-rata dihargai USD10 per CPM dan dapat mencapai hingga USD300.000 untuk kampanye yang lebih besar. Selain itu, Anda diharuskan menyimpan investasi minimal sebesar USD500 untuk dapat memulai kampanye sehingga mungkin saja tidak cocok untuk bisnis baru atau yang skalanya kecil.

Namun, jika Anda telah memikirkan matang-matang dan memutuskan bahwa ini adalah langkah yang tepat, begini cara memulai iklan di TikTok.

Apakah bisnis Anda menggunakan TikTok? Apakah Anda penasaran bagaimana cara lengkap dan efektif untuk beriklan di TikTok? Ingin mempromosikan Bisnis Anda via Tiktok? silahkan klik Jasa Iklan Tiktok Advertising Terpercaya dan Efektif.

Jenis Iklan Tiktok
TikTok akan mendukung empat jenis iklan pada tahun 2019 yakni konten asli infeed, mengambil alih suatu merek, tantangan dengan menggunakan hashtag. Ini dapat berkontribusi pada tujuan yang berbeda dan akan memiliki hasil yang berbeda berdasarkan jenis iklan yang Anda jalankan.

Konten asli Infeed bertindak serupa dengan iklan cerita pada Snapchat atau Instagram. Mereka bermain dalam layar penuh, dapat dilewati (skip), dan panjangnya harus 9-15 detik, seperti video TikTok lainnya. Anda dapat mengukur keberhasilan iklan melalui pelacakan klik, tayangan, rasio klik-tayang (RKT), dan penayangan video.

Yang paling populer, bisnis ini dapat mengambil alih tagar, di mana Anda membuat tagar dengan tujuan akhir memberi hadiah bagi para peserta. Misalnya, Dreamwork Pictures menjadi tuan rumah dan membuat tantangan berupa penggunaan hashtag yang bertujuan untuk mensukseskan suatu promosi pertunjukan baru dari Netflix, di mana studio tersebut mengundang pengguna TikTok untuk membuat video diri mereka menari menggunakan lagu tema acara dan mempostingnya di bawah tagar #SpiritRidingFree. Seruan ini menjangkau lebih dari 34,4 juta pengguna dengan lebih dari 2,6 juta yang terlibatan.

Ini adalah contoh yang bagus dari sebuah perusahaan yang mengakui nilai dan menjalankan sebuah kampanye di TikTok versus platform sosial lainnya, karena Spirit Riding Free adalah acara anak-anak, dan basis pengguna TikTok itu memiliki basis demografis yang hebat untuk kampanyenya, serta gaya kampanye yang sesuai dengan platform.

Posting Komentar untuk "Cara Pasang Iklan di Tiktok Untuk Promosi Bisnis Online"